Tuesday, June 23, 2015

Tugas Kelompok Besar Pengamatan Komunikasi


Berikut kami coba jelaskan beberapa hal yang kita tangkap dari aktivitas komunikasi yang terjadi dalam kelas perpajakan pada tanggal 10 maret 2015 lalu.

Jenis komunikasi
Dalam video yang kami tunjukan jenis komunikasi yang ada adalah komunikasi interpersonal karena dilakukan oleh lebih dari 2 orang dengan cara tatap muka dan dapat berinteraksi satu sama lain.

Bentuk komunikasi
-      Dalam video yang kami tunjukan bentuk komunikasi yang ada adalah komunikasi verbal, karena komunikasi tersebut dilakukan secara lisan
-      Menurut kelangsungan dalam video tersebut menunjukan komunikasi langsung, karena Proses komunikasi dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.
-      Menurut perilakunya komunikasi yang terjadi dalam video tersebut adalah formal, karena ada tata cara yang diatur dalam berkomunikasi.
-      Menurut aliran informasinya yang terjadi dalam video tersebut adalah komunikasi dua arah karena ada timbal balik didalamnya.

        3.    Unsur-unsur komunikasi
-      Kumunikator
Komunikator dalam kelas perpajakan adalah bapak frenky yusuf yaitu selaku dosen mata kuliah perpajakan
-      Komunikan
Komunikan dalam kelas perpajakan adalah mahasiswa semester 4 prodi menejemen dan akuntansi kelas A
-      Pesan
Pesan yang disampaikan yaitu berkenaan dengan definisi perpajakan khususnya pada video membahas tentang stelsel pajak
-      Media
Media yang digunakan dalam kelas perpajakan adalah lisan.
-      Hambatan
Hambatan/noise yang kami tangkap dalam video tersebut adalah yang pertama luas kelas yang besar, jumlah mahasiswa yang termasuk banyak, adanya beberapa mahasiswa yang kurang memperhatikan dan sedikit membuat gaduh.

         4.    analisa bahasa tubuh
-      cara berdiri, yang kami tangkap cara berdiri pak frenky rilex/santai dan percaya diri dilihat dari bahu yang tegak, kepala tegak. Hal ini juga menunjukan bahwa beliau siap. Namun dalam beberapa sesi beliu menjelaskan hanya dengan duduk, hal ini menurut kami kurang baik dalam komunikasi interpersonal karena membuat mahasiswa bagian belakang kurang bisa memperhatikan, khususnya dalam kelas yang mana dosen juga dituntut bagaimana bisa membuat mahasiswa fokus terhadap apa yang beliau sampaikan.
-      kontak mata, kontak mata tidak tertuju pada satu mahasiswa saja tapi lebih luas menunjukan pak frenky ingin apa yang disampaikan tersebut dimengerti oleh semua mahasiswa.
-      Gerakan tangan, gerakan tangan pak frenky di beberapa kondisi beliau memperjelas/mempertegas statement dengan menggunakan gerakan tangan.

Diamati dan Ditulis oleh :
Aris Sandi, Bramestio Ardhani, Citra Yuliana A, Erdian Putri Aprilia, Elok Rohmawati, Marlia Hardi, Pandu Prakoso, Rosma Sari, Stievindi E, Ulfa Tia

Dosen Pembimbing :
Hj. I.G.A Aju Nitya Dharmani SE,MM

Mata Kuliah :
Komunikasi Bisnis dan EQ 

Tugas Kelompok Besar Pengamatan Komunikasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aris sandi

0 comments:

Post a Comment